Cara untuk memotivasi diri anda sendiri

Cara untuk memotivasi diri anda sendiriMotivasi dapat memberi kamu dorongan ekstra untuk menyelesaikan sesuatu, tetapi itu tidak selalu datang saat kamu membutuhkannya. Jika kamu kesulitan memulai atau menyelesaikan tugas, beri dorongan pada diri sendiri untuk terus maju. Sedikit tekanan dapat membantu, jadi mintalah teman, anggota keluarga, atau kelompok untuk membuat kamu bertanggung jawab. Jika kamu berusaha mencapai rencana jangka panjang, pastikan kamu memiliki tujuan yang jelas dan dapat dikelola sehingga kamu mempertahankan motivasi kamu selama proses berlangsung.

  1. Membangun Antusiasme

Ingatkan diri sendiri mengapa kamu ingin melakukan sesuatu. Terkadang, kita perlu sedikit dorongan untuk membantu kita menyelesaikan tugas atau proyek. Katakan dengan keras atau tulis alasan mengapa kamu perlu melakukan sesuatu. Katakan pada diri sendiri manfaat dari menyelesaikannya. Misalnya, kamu mungkin berkata, “Saya akan lari sekarang karena saya ingin menjadi lebih bugar” atau “Saya perlu melakukan pekerjaan rumah ini sehingga saya bisa mendapatkan nilai A.” Ingatkan diri kamu tentang bahaya penundaan. Berjanjilah pada diri sendiri sesuatu seperti “Jika saya menyelesaikan ini sekarang, saya bisa pulang kerja lebih awal hari ini” atau “Jika saya dapat mengatasi hal ini, saya dapat mengerjakan sesuatu yang lebih menyenangkan.” Buatlah papan visi dengan gambar-gambar yang mewakili apa yang ingin kamu capai dalam hidup kamu. Ini akan membantu menjadi pengingat apa yang benar-benar kamu pedulikan.

  1. Lakukan secara perlahan

Anda mungkin takut bekerja berjam-jam, tetapi jika kamu membagi hari ke dalam segmen-segmen yang lebih kecil, pekerjaan bisa lebih mudah untuk ditangani. Mulailah dengan tugas yang lebih mudah yang dapat kamu selesaikan dengan cepat untuk membangun momentum. Misalnya, alih-alih mengatakan, “Saya harus bekerja sepanjang pagi,” katakan, “Saya akan menulis laporan ini dalam 1 jam, maka saya akan pergi ke pertemuan pada jam 11, dan kemudian akan makan siang.”

  1. Tandai segmen dan tugas dalam aplikasi perencana atau kalender

Gunakan warna berbeda untuk menandai berbagai tugas dan batasan waktu. Ini dapat memecah hari kalian dan membuatnya lebih mudah untuk dihadapi. Jadikan aktivitas kamu menyenangkan. Jika Anda takut dengan tugas atau aktivitas, mungkin sulit untuk memulai. Dalam hal ini, temukan cara untuk membuat tugas lebih menarik. kamu bisa melibatkan orang lain atau menantang diri sendiri dengan cara baru. Menggabungkan berbagai hal juga dapat membantu kamu menyelesaikan berbagai hal.  Misalnya, jika Anda ingin menjadi bugar tetapi benci pergi ke gym, ikuti kelas olahraga, seperti kickboxing, Zumba, atau barre. Jika kamu belajar untuk ujian, bersainglah dengan teman. Lihat siapa yang dapat menjawab sebagian besar pertanyaan dengan benar atau menyelesaikan masalah dengan cepat

  1. Berjanjilah pada diri sendiri hadiah ketika kamu menyelesaikan sesuatu

Bahkan jika itu hanya pencapaian kecil, berikan award pada diri kamu sendiri. kamu dapat beristirahat sejenak dari pekerjaan, manjakan diri kamu dengan camilan atau latte, pijat, atau rayakan bersama teman-teman. Ini bisa membuat kamu tetap bersemangat dan termotivasi untuk langkah selanjutnya.

  1. Beri diri kamu istirahat sesekali untuk menghindari kelelahan

Meskipun penting untuk menghindari gangguan, terlalu banyak pekerjaan dapat membuat kamu kurang produktif. Jadwalkan istirahat sesekali sepanjang hari. Pastikan kamu juga beristirahat lebih lama selama akhir pekan untuk beristirahat dan menyegarkan diri.  Misalnya, kamumungkin membutuhkan waktu 5 menit setiap jam untuk pergi ke kamar mandi atau melakukan peregangan. Jadwalkan istirahat ini sehingga kamu memiliki sesuatu untuk dinanti-nantikan. Misalnya, Anda mungkin berkata pada diri sendiri, “Jika saya bisa menyelesaikan laporan ini sebelum jam 14:00, saya bisa istirahat sebentar.”

Kalian harus mengingat kata-kata bijak yang satu ini untuk selalu memotivasi!

Good, better, best. Never let it rest. ‘Til your good is better and your better is best!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *